Sabtu, 02 Mei 2015

Doc.Tribun Timur
Reporter: Fitriani

Parangtambung,BIOma- Tepat pukul 07.30 Upacara perayaan Hari Pendidikan Nasional (2/5/15) Universitas Negeri Makassar dilaksanakan di halaman Auditorium Amanagappa. Dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Arismunandar, para senat Universitas, ketua jurusan, dosen serta mahasiswa baik dari penerima Bidik Misi, Resimen MENWA, Pasukan Pramuka dari PGSD, Pasukan UKM Pramuka selaku Pengerek Bendera merah putih, paduan suara serta Ppgt SM3T.

Suasana Pada saat upacara berjalan hikmat saat pembacaan Pidato Serentak dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang di bacakan oleh rektor UNM, Arismunandar . Dengan mengangkat tema “Pendidikan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila” pidato tersebut menggambarkan bagaimana mengembalikan kesadaran pentingnya karakter Pancasila dalam dunia pendidikan. 

Sesuai dengan tujuan pendidikan yakni menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlah mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sehingga dalam mencapai tujuan tersebut maka diperlukan karakteristik pendidik dan suasana pendidikan.

Tak lepas dari sosok Ki Hadjar Dewantara yang menyebut sekolah denga istilah “ Taman”. Taman adalah tempat belajar yang menyenangkan. Senada yang diungkapkan dalam pidato upacara peringatan Hardiknas ini "Di hari Pendidikan Nasional ini, mari kita kembalikan semangat dan konsep Ki Hadjar Dewantara bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Sebuah wahana belajar yang membuat para pendidik merasakan mendidik sebagai sebuah kebahagiaan. Pendidikan sebuah kegembiraan, pendidikan yang menumbuh-kembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan berkarakter Pancasila" Ucap Prof Arismunandar.


0 comments :

Posting Komentar